Kategori
Python

Belajar Python Untuk Pemula

Belajar Python buat sebagian orang mungkin sulit. Tapi jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain, Python termasuk mudah dan bisa dipraktekkan langsung. Yang terpenting adalah keindahan dan keterbacaannya. Percaya nggak? Coba yuk tengok panduan berikut.

Panduan berikut disarikan dari Byte of Python karangan Swaroop Chitlur.

Modal Belajar Python

Belajar Python tidak butuh keahlian khusus. Paling tidak Anda paham sedikit bahasa Inggris, paham Matematika, dan yang paling penting punya imajinasi yang cukup kuat. Pada dasarnya semua bahasa pemrograman membutuhkan imajinasi, tepatnya abstraksi, yang kuat karena semua konsepnya itu tidak terlihat. Kita sebagai programmer harus bisa membayangkannya.

Python itu Apa?

Python barangkali merupakan satu dari bahasa pemrograman yang sederhana namun tangguh. Bahasa ini baik untuk pemula maupun ahli, dan yang lebih penting, sangat enak untuk digunakan untuk pemrograman dan mudah bagi yang ingin belajar Python.

Python adalah salah satu dari jarangnya bahasa pemrograman yang mampu mengklaim sederhana dan tangguh secara bersamaan. Anda akan terkejut namun senang melihat bagaimana mudahnya konsentrasi langsung kepada jawaban daripada pusing dengan sintaks dan struktur dari bahasa pemrograman yang Anda gunakan.

belajar Python
Logo Bahasa Pemrograman Python

Secara resmi Python dikenalkan dengan definisi sebagai berikut:

Python adalah bahasa pemrograman yang mudah dipelajari dan tangguh (powerful). Bahasa ini memiliki struktur data tingkat-tinggi yang efisien dan sederhana, namun punya pendekatan yang efektif untuk pemrograman berbasis objek. Sintaks Python yang elegan dan bersifat dynamic typing (sintaks akan dicek secara langsung tanpa harus menunggu dikompilasi dalam bahasa mesin), dilengkapi dengan interpreter, membuatnya menjadi bahasa pemrograman yang ideal untuk membuat skrip (scripting) dan pengembangan aplikasi secara cepat (rapid application development) di banyak area di platform utama.

Guido van Rossum, pencipta bahasa Python, memberi nama bahasa ini setelah melihat acara BBC “Monty Python’s Flying Circus”. Dia sendiri tidak terlalu suka dengan ular yang membunuh binatang lain untuk makanan dengan menelan seluruh badan dan meremukkannya.

Setelah mengenal ringkas, selanjutnya langkah belajar Python kita akan menemui Fitur Bahasa Pemrograman Python.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *