Kategori
Python

Instalasi Python

Instalasi Python dapat dilakukan di Windows, Linux, MacOS atau perangkat kecil lainnya seperti Raspberry Pi. Panduan berikut untuk pemula, berisi petunjuk instalasi Python pada sistem operasi umumnya.

Versi Python meningkat dari waktu ke waktu. Saat tulisan ini dibuat versi terbaru adalah Python versi 3.3, sehingga banyak direktori yang kita buat dengan menggunakan nama Python33. Anda bisa menyesuaikan penamaan folder dan lainnya sesuai dengan versi Python terakhir.

Instalasi Python di Windows

Kunjungi http://www.python.org/download/ dan unduh versi terakhir. Instalasi akan dilakukan sebagaimana perangkat lunak berbasis Windows lainnya.Perhatian

Ketika diberi pilihan untuk menghilangkan centang komponen “optional”, jangan melakukan hilangkan centangnya.

Prompt DOS

Jika Anda ingin menggunakan Python dari baris perintah Windows seperti prompt DOS, Anda harus set variabel PATH secara benar.

Untuk Windows 2000, XP, 2003 , klik Control Panel — System — Advanced — Environment Variables. Klik pada variabel bernama PATH di bagian ‘System Variables’, lalu pilih Edit dan tambahkan ;C:\Python33 (mohon pastikan folder ini sudah ada, dan akan berbeda untuk versi Python yang lebih baru) di akhir isian yang sudah ada di sana. Tentu saja, gunakan nama direktori yang sesuai.

Untuk versi Windows lebih lama, buka berkas C:\AUTOEXEC.BAT dan tambahkan baris ‘PATH=%PATH%;C:\Python33’ (tanpa tanda petik) kemudian nyalakan ulang sistemnya. Untuk Windows NT, gunakan berkas AUTOEXEC.NT.

Untuk Windows Vista:

  1. Klik Start dan pilih Control Panel
  2. Klik Sistem, di bagian kanan Anda akan lihat “View basic information about your computer”
  3. Di bagian kiri daftar tasks, muncul “Advanced system settings.” Silakan diklik.
  4. Tab Advance dari kotak dialog System Properties akan muncul. Klik tombol Environment Variable di bagian kanan bawah.
  5. Di kotak bawah berjudul “System Variables” gulung layar ke Path dan klik tombol Edit.
  6. Ganti path sesuai yang dibutuhkan (lihat referensi sebelumnya).
  7. Nyalakan kembali sistem Anda. Vista tidak akan mengambil perubahan variable lingkungan path sistem hingga dinyalakan kembali.

Untuk Windows 7:

  1. Klik kanan Komputer yang ada di desktop, dan pilih Properties, atau klik Start dan pilih Control Panel — System and Security — System. Koik di seting sistem bagian Advanced di sebelah kiri dan tekan tab Advanced. Di bagian bawah tekan “Environment Variables”, dan di bawah “System variables”, cari variabel PATH, pilih dan tekan Edit.
  2. Pergi ke akhir baris di bawah nilai Variable dan tambahkan ;C:\Python33.
  3. Jika nilai sebelumnya adalah %SystemRoot%\system32; maka sekarang akan menjadi %SystemRoot%\system32;C:\Python33
  4. Tekan ok dan selesai. Tidak perlu dinyalakan ulang.

Menjalankan prompt Python di Windows

Untuk pengguna Windows, Anda dapat menjalankan interpreter di baris perintah jika diperlukan set variabel PATH dengan benar.

Untuk membuka terminal di Windows, klik tombol Start dan klik ‘Run’. Di kotak dialog, ketik cmd dan tekan enter.

Lalu ketik python3 -V dan pastikan tidak ada pesan kesalahan.

Instalasi Python di Mac OS X

Untuk pengguna Mac OS X, buka terminal dengan menekan tombol Command+Space (untuk membuka pencarian Spotlight), ketik Terminal dan tekan tombol enter.

Install Homebrew dengan menjalankan:

ruby -e "$(curl -fsSkL raw.github.com/mxcl/homebrew/go)"

Lalu instal Python 3 dengan menggunakan:

brew install python3

Lalu, jalankan python3 -V dan pastikan tidak ada pesan kesalahan.

Instalasi Python di Linux

Untuk pengguna Linux, buka terminal dengan membuka aplikasi Terminal dengan menekan Alt + F1 dan memasukkan gnome-terminal. Jika hal itu tidak jalan, silakan rujuk ke dokumentasi atau forum untuk distribusi Linux yang Anda miliki.

Selanjutnya, kita menginstal paket python3. Sebagai contoh, di Ubuntu, Anda bisa menjalankan sudo apt-get install python3. Silakan cek dokumentasi atau forum sesuai dengan distribusi Linux yang Anda gunakan untuk menjalankan perintah manajer paket yang sesuai.

Setelah Anda menyelesaikan instalasi, jalankan perintah python3 -V dan Anda seharusnya melihat versi Python di layar:

$ python3 -V
Python 3.3.0

Catatan

$ adalah prompt dari shell. Hal itu berbeda satu sama lain tergantung dari setingan sistem operasi di komputer Anda, dan untuk saat ini saya akan menggunakan simbol $ sebagai prompt.

Pada distribusi Linux yang baru, sudah menyertakan Python3 secara baku. Jadi Anda cek dulu apakah versi Python baku yang dibawa distribusi Linux Anda versi 2 atau 3. Sejak sekarang, saya sudah mengasumsikan Anda punya Python 3 terinstal di sistem Anda.

Berikutnya, kita akan menulis program Python 3 pertama kita.

2 tanggapan untuk “Instalasi Python”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *